Thursday 16 November 2017

Kupas Tuntas Novel "Sebening Syahadat" by Divaaa SR





kalian suka membaca Novel? apakah kalian para Wattys yang suka membaca NOvel gratisan di Wattpad sebelum di convert menjadi lembaran lembaran Novel dalam bentuk buku oleh penerbit? kalau iya gue cuma mau bilang : gue sama seperti kalian.

gue sangat suka membaca buku, apapun itu. Novel fiksi,romance,advanture,drama,satra,self improvement,history,relegi,cooking,sport,
komik, etc or anything you name it i really love book. i love reading so much.
actually banyak banget NOvel yang gue suka. gue penggemar berat novel-novel karya Paulo Coelho, Jenny Han, Wilbur Smith, Rick Riordan, Paula Hawkins, JK Rowling, Sir Arthur Conan Doyle, Suzanne Young, and many more that i couldn't mention it one by one. itu Writter yang dari seberang Benua yah.

di Indonesia gue juga punya beberapa Writter favorite like a : Tere-Leye, Dee Lestari, Ika Natasha, Bey Tobing, Ayah Habiburrahman Elshirazy, Mama Helvy Tiana Rossa, and many more too that i couldn't mention it one by one, again.

bicara tentang best Writter di INdonesia , sudah pasti yah mereka yang gue sebutin diatas memang sudah lama berkiprah di dunia kepenulisan. i believe that their skill on Writting no need to doubt about it anymore.

mereka sudah melahirkan banyak Novel berkelas yang berhasil menjadi top 10 best seller di hampir di semua bookstore di Indonesia.

sebut saja Novel-Novel nya Ayah Habiburrahman Elshirazy seperti : Ayat-Ayat Cinta, Ketika Cinta Bertasbih, Bumi Cinta yang diangkat ke layar lebar dan berhasil menjadi salah satu best Novel dan best Movie sepanjang massa.
ada juga Novel-novel dari mba Ika Natasha : A verry yuppy wedding, Divortiare, Twivortiare, Antalogi Rasa, The Architecture of Love dan yang terbaru Critical Eleven yang selalu bertengger di top 10 nya bookstrore se-Indonesia.

Ok Ikhwan dan Akhwat yang gue harapkan selalu dalam rahmat dan lindungan-Nya. ijinkanlah kali ini gue nge-review sedikit isi Novel yang baru selesai gue baca beberapa hari yang lalu. bukan Novel nya para 'senior-senior' yang gue sebutin diatas, tapi novel ini karya dari adik kita Diva Sinar Rembulan "Sebening Syahadat".

Sebenarnya ni yah kalau boleh jujur gue tidak terlalu suka sama Novel yang berbau Religi seperti ini. walau memang gue akui gue penggemar berat dan sangat menyukai Novel-Novel nya "ayah dan mama" tapi semenjak “kejadian itu” rasa ketertarikan gue terhadap Novel relegi sedikit menurun. dan karena suatu project yang memaksa gue mau tidak mau harus membaca dan melahap semua Novel yang gue lihat, dan kesempatan itu tidak akan pernah datang dua kali [walau mungkin terjadi tapi itu sulit dan membutuhkan waktu yang lebih lama lagi, you knows that i mean] so gue baca novel itu.

ok, lets check this out this Novel.

" Sebening Syahadat "

Mengisahkan tentang Sam [Samuel Baskoro] remaja yang baru saja pindah dari New-York dan melanjutkan high school nya di Bandung. Sam yang terbiasa dengan kehidupan bebas di New York harus mulai terbiasa dengan kehidupan baru nya di Bandung yang berbeda 360' dari NY. kalau bukan karena Baskoro, ayah yang sangat ia sayangi. Sam tidak akan pernah mau kembali ke Indonesia.

perjalanan menuju kebaikan dan pencarian jati diri Sam pun dimulai saat Ninja yang dibawa Sam menuju sekolah baru nya tiba-tiba berhenti ditengah jalan karena ban nya bocor. dan mau tidak mau Sam harus ke sekolah naik Bus umum.

Di Bus itu dia melihat sesosok mahluk yang luar biasa Cantik, membuat hati nya bergetar. ia merasakan ketertarikan pada gadis itu saat pandangan pertama. dan setiap hari Sam melihat gadis dari seberang sekolahnya turun dan berhenti sejenak di Halte sekolah tempat gadis itu biasa turun. pada akhirnya, Sam memutuskan untuk berangkat dan pulang sekolah dengan Bus Umum itu.

di dalam bus dia berusaha mendekati gadis berkerudung panjang tu. dia menanyakan nama gadis itu,memulai pembicaraan dengan gadis itu, tapi gadis itu sama seperti hari-hari sebelumnya. hanya diam dan sesekali tersenyum tersipu malu dan menunduk dari tatapan Sam. dia tidak pernah memberi tahu nama nya.

Hingga suatu malam, saat Sam dan Papa nya bertengkar hebat dan Sam memutuskan untuk pergi dari Rumah malam itu, di tengah perjalanan dia melihat tiga orang preman yang sedang mengganggu seorang gadis berkerudung, Sam sama sekali tidak peduli dengan apa yang barusan dia lihat. tapi seketika Sam teringat akan gadis yang ia suka di Bus itu dan benar saja saat Sam bergegas membelokkan motornya ke arah preman itu. ternyata gadis itu , ialah gadis berkerudung panjang yang dia taksir di bus itu yang sedang diganggu oleh tiga orang preman. dengan sigap Sam langsung menghajar ketiga nya dan meminta Gadis itu menjauh dari mereka.

Sam dengan amarah kuadrat nya malam itu, terus berusaha menghajar ketiga preman tersebut tapi Sam tidak cukup kuat untuk menghajar ketiga preman tersebut dan pada akhirnya Gadis itu meminta bantuan warga sekitar dan berhasil membuat ketiga preman itu berhenti memukuli Sam dan preman itu lari terpontang panting.

Gadis itu akhirnya berterima kasih kepada Sam dan menyebutkan nama nya.
" Terima kasih Sam, nama saya Haba" ujar gadis itu tersenyum dan masuk ke mobil.

Sam sangat bahagia malam itu. ternyata dengan pertengkaran dengan papa nya malam itu dan pukulan dari ketiga preman itu membuat gadis itu mau menyebutkan nama nya dan membuat Sam semakin percaya bahwa perjuangan nya selama ini untuk mengenal gadis itu lebih dekat tidak sia-sia dan dari kejadian malam ini Sam yakin dia akan semakin dekat dengan Haba. Sam tersenyum bangga. "ini adalah hadiah dari pukulan preman itu"

hari hari berikutnya Sam kembali berangkat dan pulang kesekolah dengan bus umum itu. kali ini di dalam Bus dia tidak sendirian lagi, Haba yang sejak kejadian malam itu terlihat lebih hangat dan mulai menanggapi apa yang Sam tanyakan. mereka terlihat serasi dan terlihat seperti sudah saling mengenal cukup lama, lebih dari sahabat.

Sam yang sejak awal menyukai Haba, gadis yang berbeda dengan gadis lain yang dia temui selama ini membawa perubahan yang cukup baik bagi dirinya. setidak nya Sam sudah berhenti merokok dan hanya sesekali kembali ke kehidupan malam nya. semua itu karena Haba. Haba yang membuat hidup nya berubah. Haba yang menuntun nya pada kebaikan, dan Haba juga lah yang akhirnya membuat Sam sadar akan makna hidup sebenarnya. berbagi dan ikhlas menerima. semakin hari perasaan Sam kepada Haba jauh semakin dalam dan benih-benih cinta pun sudah tidak dapat debendung lagi. Sam ingin mengungkap kan perasaan nya kepada Haba. begitupun Haba, dia juga memiliki perasaan yang sama terhadap Sam. Haba juga menyukai Sam sama seperti Sam menyukai nya.

tapi semua berubah, semua perasaan itu menjadi tanda tanya besar bagi Haba. apakah bisa seseorang mempertahankan perasaan yang sudah begitu dalam kepada seseorang jika ada perbedaan diantara kedua nya. apakah perasaan ini salah untuk disatukan jika terhalang oleh perbedaan? bukan harta bukan pula tahta yang menjadi kan mereka berbeda untuk menjadi satu. lebih dari itu, perbedaan itu menyangkut hidup dan jati diri seseorang. tapi apa?

Haba yang tidak pernah menonton langsung pertandingan basket seumur hidupnya diminta Sam untuk menonton pertandingan basket antar sekolah nya dengan tim basket sekolah Haba. Haba yang setuju. tidak menolak permintaan Sam. Haba melihat Sam dengan lihai nya membawa bola hingga menjebol ring dan itu adalah semangat yang luar biasa yang dirasakan Sam. ada seseorang yang sangat berarti untuk nya saat ia bermain basket kali ini. tiba-tiba Sandy, cewe cantik yang menaksir Sam sejak hari pertama Sam pindah kesekolah nya marah dan menghampiri Haba.

"dasar cewe aneh, lo pikir lo siapa bisa suka sama Sam hah? lo pikir lo pantas sama Sam? " Sandy berteriak kasar di depan Haba dan langsung menampar pipi kanan Haba.
"lo pikir gue bakal diem aja ngeliat kelakuan lo dari tadi senyam senyum ke Sam. lo pikir dia naksir sama lo? kalian itu beda. mana mungkin Sam suka sama lo cewe aneh, Tuhan kalian aja berbeda jadi mana mungkin kalian .... "

perkataan Sandy terhenti saat Sam datang menghampiri mereka dan menghentikan semua tindakan bodoh Sandy. dan Haba, dengan berlinang air mata Haba pergi berlari meninggalkan mereka, setelah mendengar ucapan Sandy barusan. dia tidak percaya bahwa keyakinan mereka berbeda. Tuhan mereka berbeda.

berhari hari Haba mengurung diri nya di kamar. dia masih tidak percaya dengan kenyataan ini dan masih mempertanyakan apakah perasaan dia selama ini salah terhadap orang yang sangat ia cintai ? tetapi orang itu berbeda dengan nya. sejak kejadian itu, Haba tidak pernah lagi menaiki bus umum ke sekolah . ia selalu minta diantar sopir pribadi nya sekarang. ia bahkan selalu menghindari Sam setiap kali ia melihat Sam yang akan menghampirinya dari seberang sekolah nya.

Sam pun akhirnya meminta ijin ayah Haba untuk berteman dengan Haba walaupun mereka berbeda. Haba yang melihat Abi nya menerima Sam apa adanya kembali tersenyum. setidaknya mereka masih bisa berteman walau ada jarak yang membuat mereka terpisah. setidaknya ini lebih baik dari sebelumnya. setidak nya Sam dan Haba tidak harus saling menghindar lagi ketika mereka bertemu. perbedaan itu indah, bahkan perbedaan bisa menyatukan kita dan saling menghargai. tapi bagaimana perasaan Haba dan Sam yang bukan hanya sekedar 'perasaan biasa terhadap teman' bagaimana dengan perasaan yang sudah jauh lebih dalam dari perasaan sebagai teman? akankah perbedaan itu kembali menghalangi mereka? atau mereka harus menghilangkan perbedaan itu agar perasaan mereka dapat disatukan?

 bersambung .......

2 comments:

  1. Potato Ceramic Or Titanium Flat Iron Poker Chips - Tin
    The ceramic or titanium magnetic titanium flat iron titanium dioxide formula poker chips are a way to increase titanium wheels your gaming experience titanium guitar chords with our poker chips. ford edge titanium for sale

    ReplyDelete